Jumat, 02 Desember 2011

Sejarah dan Aturan Sepak Bola


“Football? It’s the beautiful game”
- Pele -
“The person that said winning isn’t everything, never won anything”
- Mia Hamm -

SEPAKBOLA

Siapa sih yang kenal yang namanya “Sepakbola” ? Pasti semua orang juga tau apa itu sepakbola. Mulai dari anak bocah, remaja, orangtua, sampe kakek kakek sama nenek nenek, kaya kakek sama nenek geu yang kalo udah nonton bola hebohnya minta ampun, “Woi! Woi! Itu oper bachdim! oper bachdim!” kaya gitu kalo nenek gue nonton bola. Beda lagi kao kakek gue, “Ah! Si okto mah dibawa sendirian terus jadi ada kerebut musuh! Sekalian aja bawa sampe kerumah bolanya!” begitu katanya. Nah gara gara itu semua, olahraga sepakbola jadi olahraga yang paling popular didunia. Dimainin sama dua tim, masing maisng tim memeinkan sebelas orang pemainnya , karena itu sepakbola menjadi olahrag paling banyak melibatkan pemain. Tapi bisa juga pemainnya jadi dua belas, gara gara ada supporter yang ke lapangan. Kaya gini nih!


Di lapangan, semua pemain punya tujuan yang sama yaitu, ngerebut bola terus nyetak gol deh. Ga heran, kalo kerjasama adalah bagian dari permainan sepakbola. Kerjasama juga bias nyiptain semangat solidaritas antarpemain, ataupun antartim yang bertandin sekalipun. Kerjasama itu tercipta karena adanya kesadaran bahwa kemenangan bukan satu-satuya tujuan dari permainan. Kemenagan cuma sebatas bagian dari permainan. Malahan sepakbola bias menjadi perekat antarbangsa. Sepakbola terbukti bia ngeruntuhin sekat-sekat antarnegara, pandangan pilitik, ras, golongan maupun agama.

GLOBALISASI

Saat globalisasi didegungkan, sepakbola udah lama menyebar di seluruh dunia. *”Tak ada yang mampu menyatukan dunia selain sepakbola.”* Saat ini,jumlah anggota FIFA lebih banyak dari organisasi Persatuan Bangsa-Bangsa. Jadi, kenapa bias sepakbola jadi olahraga yang paling diminati? Jawabanya adalah karena sepakbola meramu teknik, strategi, dan talenta.

Setiap pertandingan sepakbola selalu menyajikan taktik, teknik, atau permainan individu yang berbeda-beda. Sepakbola juga bias dikatakan drama kehidupan nyata yang negangin. Banyak banget emosi yang tumpah dilapangan. Ada juga tangis bahagia, kesedihan, dan pesta kemenagan. Dan mungkin rasa galau juga bisa muncul dilapangan haha. Sangat menyatunya sampai-sampai bintang sepak bola dunia yang berasal dari inggris David Beckham yang belum lama ini bermain melawan Indonesia Selection mengatakan, “Sepakbola adalah DNA kami.”

TEKNIK DASAR SEPAKBOLA

Permainan sepakbola itu permainan beregu yang memerlukan dasar kerjasama antaranggota regu, sebagai salah satu cirri khas dari permainan sepakbola. Buat bisa main bola yang baik dan benar,  pemain harus nguasain teknik-teknik dasar sepakbola. Pemain yang udah nguasain teknik-teknik dasar sepakbola, otomatis permainannya dalam sepakbola juga baik.

Ada beberapa macam teknik-teknik dasar dalam sepakbola, contohnya kaya stop ball (menghentikan bola),  shooting (menendang bola ke gawang), passing (mengumpan), heading (menyundul bola), tackling (merebut bola), sama dribbling (menggiring bola).


ATURAN SEPAKBOLA

Peraturan sepakbola yang ada saat ini, ga lepas dari sejarah sepakbola modern di inggris. Aturan sepakbola lahir pertama kali didasari keinginan buat nyipain standarisasi atas perkembangan sepakbola, yang beragam, yang dimainin sama beberapa sekolah di Inggris. Sebelum aturan FIFA 17, pernah dikenal aturan Cambridge, yang disusun di Universitas Cambridge, Inggris, ditahun 1848. Tapi, aturan ii sayngnya kurang dapet tempat dikalangan pesepakbola. Baru, setelah Federasi sepakbola inggris (FA) berdiri, terus dibuat deh aturan sepakbola yang diakui klub-klub sepakbola yang ada di inggris.

ATURAN FIFA 17 (FIFA’S 17 LAWS)
Seiring perkembangan, aturan sepakbola sekarang ditentuin sama Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB). Lembaga ini didiriin sama FAdan asosiasi sepakbola Skotlandia, Irlandia, Wales yang merupakan bagian dari Britania Raya. Belakangan, The Federation Internationale de Football Association (FIFA) ikut bergabung didalamnya dan ngeadopsi aturan-aturan yang dibuat IFAB. Peraturan-peraturan IFAB berlaku umum didunia. Salah satu peraturan IFAB yaitu aturan yang diberi nama FIFA 17. Aturan ini ngatur dari mulai bentuk dan ukuran lapangan, wasit sampe aturan offside.

LAPANGAN
 Berdasarkan aturan, ga semua lapangan harus berukuran sama. Lapangan harus berbentuk segi empat, berukuran panjang antara 90 sampe 100 m dan lebarnya antara 45 sampe 90 m. Pada 2008 IFAB menetapkan standar ukuran lapangan sepakbola buat pertandingan Internasional yaitu panjang 105 meter dan lebar 68 m. Satu bagisan dari lapangan yang harus sama Dimana pun adalah ukurang gawang yaitu tinggi 2,44 m dan lebar 7,32 m.

BOLA
Terbuat dari kulit, berbentuk bundar dengan diameter 68 cm – 70 cm. berat bola minimal 410 gram dan maksimal 450 gram.
 








PERLENGKAPAN DAN KEAMANAN PEMAIN
Pemain dilarang mengunakan peralatan atau apapun yang membahayakan dirinya atau pemain lain. Termasuk didalamnya, dilarang menggunakan perhiasan. Pemain harus memakai kaos dan celana dengan warna yang senada dan tidak menimbulkan kebingungan dengan kostum tim lain, mengenakan kaos kai, sepatu dan pelindung kaki.

WASIT
Setiap pertandingan diawasi oleh wasit yang memiliki otoriditas untuk menjalankan aturan pertandingan. Ia bertindak sebagai pengatur, pengadil, dan penegak aturan pertandingan di lapangan. Keputusan wasit bersifat final, artinya setiap keputusan wasit tidak bias diganggu gugat lagi. Wasit utama dibantu dua oang asisten wasit (dulu disebut hakim/penjaga garis).
 
ASISTEN WASIT
Asisten wasit bertugas membawa bendera untuk member tanda kepada wasit utama kalu terjadi pelanggaran., offside atau menyatakan bola keluar lapangan. Dalam banyak pertandingan wasit utama juga dibantu oleh wasit keempat, yang dapat menggantikan wasit lainnya kalau diperluin.










PELANGGARAN
Pelanggaran dan perbuatan tidak menyenangkan meliputi sejumlah perbuatan yang gaboleh dilakuin sama seorang pemain sepakbola, conthnya kaya, memegang bola kecuali penjaga gawang (handball), mendorong atau menjegal lawan, atau memaki. FIFA juga mulai memberlakukan larangan mengucapkan kata-kata rasisme dalam pertandingan. Seorang peain yang ngelaggar bias dikenai kartu kuning (peringatan) sampe kartu merah dengan konsekuensi keluar dari lapangan. Kalau terjadi pelanggaran, pemain atau tim pasti yang dirugikan oleh pelanggaran mendapat hadiah tendangan bebas baik langsung atau tidak langsung, atau bisa aja pinalti, kalo pelanggarannya dilakukan di area gawang.

1 komentar:

  1. Anda Hobby Main Judi Bola Online ???
    Tapi Bingung Memilih Agen Bola Terpercaya yang cocok...


    Tunggu Apa lagi segera bergabung bersama kami... Di 3Bola.com
    Berapapun kemenangan anda pasti di bayar....

    Untuk Info Lebih Lanjut Melakukan Deposit, Withdraw, Register Dengan Super Cepat Dan Tentunya Memuaskan.

    * Bbm : d1e0796e
    * Whatsapp : +855964070813
    * YM : cs.3bola

    BalasHapus