Sabtu, 03 Desember 2011

Posisi-posisi pemain dalam Sepakbola


Nah, sebelumnyakan gue udah pernah ngepost tuh tentang sejarah sepakbola sama aturan-aturan yang ada di sepakbola. Kali ini gue kembali nulis tentang sepakbola karena salah satu hobi gue adalah sepak bola.  Kali ini, gue mau nulis tentang posisi-posisi yang ada di permainan sepakbola. Enjoy ya!!!

POSISI PEMAIN

Posisi pemain di dalam permainan sepakbola ada empat macam yaitu, forward (penyerang), midfielder (pemain tengah), defender (pemain belakang), sama goal keeper (penjaga gawang). Tapi sebernya sih dari empat macam itu masih beranak lagi. Jadi, ayo kita liat anak anaknya kaya apa hahaha.

PENYERANG
Penyerang, dikenal juga dengan sebutan “forward” atau “striker” adalah pemain yang yang paling deket sama posisi gawang lawan dan secara prinsip, penyerang mempunyai tanggung jawab buat ngetak gol lebih banyak dari posisi pemain yang ada di kesebelasan. Di posisi penyerang adalah posisi yang ngebutuhin tiga hal utama, yaitu kecepatan, teknik, dan bakat. Kalo salah satu syarat itu ge terwujud, sulit buat pemain itu menjadi penyerang yang handal. Penyerang juga ngebutuhin naluri, konsentrasi, sama insting yang tajam buat nyetak gol. Penyerang biasanya jadi pemain yang dibutuhin jadi kontraknya juga terbilang tinggi. Ada juga tipe-tipe peyerang, kaya center forward, stirker, sama second striker.



CENTER FORWARD
Pemain diposisi ini biasanya punya tubuh yang kuat dan postur tubuh yang tinggi, ang bias menangin duel-duel udara buat ngerebutin bola-bola umpan jarak jauh dan nahan bola sampe pemain yang lainnya bias ikut menyerang. Pemain yang punya kapasitas kaya gini, biasanya jadi pengumpan buat rekan-rekan penyerang lainnya buat nyetak gol, tapi ga menutup kemungkinan dia sendiri yang ngebuat gol ke gawang lawan.
Mario Balotelli, adalah salah satu pemain yang bermain sebaga center forward yang saat ini bermain untuk manchesther city


STRIKER

Strikter beda sama center forward. Striker lebih dikenal dangan kemampuannya melepaskan diri dari sergapan pemain belakang lawan dan menerobos ke jantung pertahanan lawan hingga bias nerima umpan diposisi buat nyetak gol. Mereka biasanya adalah pemain yang punya kemampuan berlari cepat sama membawa bola dengan baik. Seorang striker yang baik harus punya tendangan yang keras dan akurat pake kedua kaki yang sama bagusnya.
Lionel Andres Messi adalah salah satu dari banyak striker handal didunia ini. Messi telah memenuhi semua syarat untuk menjadi seorang striker yang baik. Messi mempunya kecepatan lari yang sangat tinggi, dapat melepaskan dari hadangan pemain belakang lawan, dan memiliki tendangan yang sangat baik dengan dua kaki yang dimilikinya itu.

SECOND STRIKER
Dirk Kuyt, adalah pemain kelahiran belanda yang saat ini bermain bagi klubnya yaitu Liverpool. Dirk Kuyt merupakan second striker yanga handal, yang kerap kali membatu rekannya didepan yaitu Andy Carroll untuk mencetak sebuah gol. Kuyt mempunyai umpan-umpan silang yang baik, serta mempunyai tendangan yang keras dan akurat.
Selain ngebantu striker utama, posisi ini adakalanya bermain sebagai seorang playmaker. Posisi “penyerang bayangan”, berada tepat dibelakang penyerang murni. Tugas penyerang bayangan lebih rumit karena selain nemira umpan dari pemain belakang, juga kadang-kadang harus mengumpan lagi ke pemain didepannya (penyerang murni). Penyerang bayangan lebih mengutamakan teknik.


PEMAIN TENGAH
Nah, tadi kan gue udah ngejelasain tentang posisi penyerang. Sekarang giliran gue jelasin tentang pemain tengah atau biasa disebut juga midfielder.

Seoranng pemain tengah atau  midfielder nempatin posisi dibagis tengah lapangan atau sayap lapangan. Pada sejarah sepakbola modern, pemain tengah dituntut buat punya kemampuan sebagai pemain yang bias membatu pertahanan ataupun penyerangan. Bahkan, beberapa peain tengah, bias dan siap menggantikan posisi penyerang kalo diperluin. Gara-gar itu, pemain tengah juga bisa diklasifikasikan pada beberapa posisi khusus, yaitu pemain tengah bertahan (defensive midfielder), pemain tengah penyerang (midfielder attacker), sama pemain sayap (winger).

PEMAIN TENGAH MENYERANG
Pemain yang berada di posisi ini ditempatin didepan midfielder lain biar bias memberikan umpan (assist) buat nyetak gol. Posisi ini juga sangat berpengaruh dan membutuhkan pemain yang punya kemampuan teknis berupa kemampuan membawa bola, mengumpan bola dan menendang bola dengan baik.
Salah satu pemain tengah menyerang terbaik dunia yang berwarga negara Perancis, dan sekarang bermain bersama klub di Budesliga yaitu Bayer Munich, Franck Ribery. Ribery adalah salah satu pemain tengah menyerang yang terkenal karena tendangan bebasnya.

CENTER MIDFIELDER
Xabi Alonso, pemain Real Madrid yang menjadi pemain tak tergantikan dilapangan tengah diskuad Jose Mourinho. Xabi adalah center midfielder yang profesional, yang sebelumnya bermain bersam klub Premier League, Liverpool.
Tugas utama seorang center midfielder itu adalah menyusun serangan. Posisi ini memungkinkan buat mencari celah dalam pertandingan buat melakukan penyerangan sehingga posisi center midfielder punya tugas buat ngatur serangan. Meski seperti itu, ada juga cente rmidfielder yang ngebantu para bek dibarisan pertahanan.

PLAYMAKER BAYANGAN
David Beckham, suami dari Victoria Beckham ini adalah pemain yang sangat hebat, terutama hebat dalam mengambil bola-bola mata, seperti tendangan bebas dan tendangan pojok. pemain ini sangat mahir dalam bola-bola mati seperti itu. Bckham pernah merumput bersama Manchester United, Real Madrid, dan AC Milan. Dan saat ini Beckham merumput bersama tim LA Galaxy.
Beberapa pemain lebih senang ngebangun seranagan saat ada diposisi mundur dan seringkali diciptain sama playmaker bayangan. Terutama karena kemampuan mereka buat ngembangin dan mendikte permainan dari posisis belakang. Dengan peran penting seperti itu, mereka gabisa diklasifikasikan sebagai pemain tengah bertahan. Kemampuan yang harus dimiliki pemain yang bermain diposisi ini adalah memberikan passing jarak jauh, stamina dan kondisi fisik yang prima, memberikan umpan pendek sama punya kreatifitas dan inovasi

.
PEMAIN SAYAP (WINGER)
Pemain dengan posisi ini ditempatkan disayp-sayap lapangan. Pada mulanya winger cukup bertugas menjaga pemain lawan hingga garis tengah dan ga harus turun ngebantu pertahanan. Namun konsep awal berubah setelah menejer tim Inggris Alf Ramsey nyusun tim dengan mengabaikan tugas winger yang sebenarnya hingga tim Inggris waktu itu pernah dapet julukan “Keajaiban Tanpa Sayap” (Wingless Wonders).
Gareth Bale, pemain yang merumput bersama Tottenham Hotspur, dan salah satu pemain yang memiliki kecepatan yang sangat tinggi, dan kerap kali mencetak gol dengan aksi-aksi individunya.



 “BOX-TO-BOX” MIDFIELDER

Pemain yang sudah cukup lama membela tim "The Blues" Chealse dan mempunyai tendangan yang keras dan akurat, serta mempunyai skill mengirimkan umpan dengan sangat baik, dan mempunyai insting tendangan penalti yang cukup baik, ialah Frank Lamprad.
Istilah “box-to-box” player digunain merujuk pada pemain midfielder yang dinamis, yang punya kemampuan baik bertahan maupun menyerang.

PEMAIN BELAKANG
Penyerang udah, Pemain tengah juga udah. Nah, sekarang giliran pemain belakang yang mau gue jelasin ke kalian semua. Ayo kita mulai!!
Mainin tugas msebagai kekuatan utama buat mencegah pemain lawan masuk ke jantung pertahanan dan mencetak gol. Bek mainin peran dalam bertahan. Pemain bek biasanya punya tubuh yang besar dan tegap, terus berpostur tinggi, meski ada juga bek yang tubuhnya kecil. Semua bek harus pintar melakukan tackle dan harus punya keahlian penguasaan bola yang cukup baik. Para bek biasanya bertahan diparuh lapangan sendiri. Bek yang punya postur tinggi biasanya maju ke depan waktu timnya dapet tendangan sudut. Tipe pemain belakang adalah bek tengah, libero, bek penuh dan bek sayap.

BEK TENGAH (CENTER BACK)
Dengan posisinya ditengah bek lain, tugas bek tengah, atau sering juga disebut stopper yaitu menghentikan serangan lawan, buat nyiptain gol. Dan, membawa atau menendang bola keluar dari area pinalti. Sekarang ini banyak tim ngegunain empat pemain bertahan, jadi posisi bek tengah dipegang sam dua pemain sekaligus. Tugas keduanya yaitu menjaga wilayah gawang, dimana setiap bek tengah punya tanggungjawab wilayah masing-masing dan tugas mengawal pemain lain (man to man marking).
Pepe, seorang pemain Real Madrid yang mempunyai skill yang cukup baik sebagai center back. Sudah cukup lama Pepe merumput bersama Real Madrid dan kerap kali mencatk gol dengan kepala botaknya.

LIBERO (SWEEPER)
Tugas sweeper lebih multiguna daripada bek tengah. Bahkan, posisi sweeper lebih cair daripada pemain belakang lainnya. Ia dapat berada di posisi kanan, kiri, ataupun bek tengah. Gara-gara itu, sebagian menyamakan tugas sweeper dengan seorang libero. Meski begitu, seorang sweeper diharapkan menjadi motor serangan balik sehingga dibutuhkan kemampuan buat nguasain bola dan mengumpan bola dengan baik. Biasanya posisi sweeper berada lebih maju daripada bek lainnya sehingga bisa ngedistribusiin bola tau memotong umpan lawan.

BEK SAYAP (WING BACK)

Bek sayap adalah variasi baru dari bek penuh denga beban yaitu membantu penyerangan. Istilah bek sayap ini biasa digunakan pada formasi 3-5-2 sehingga biasa dianggap sebagai bagian dari pemain tengah, atau menjadi bek penuh di formasi 5-3-2. Jadi, bek sayap biasanya jadi kombinasai antara pemain sayap dan full back.
Salah satu dari empat bek FC Barcelona, dia adalah Dani Alves. Alves yang mempunyai kecepatan yang cukup tinggi, dan sering mengirimkan sebuah assist kepada rekan-rekannya didepan, dan Alves pun kerap kali mencetak gol lewat tendangan-tendangan spekulasi yang keras dan terarah karena dia mempunyai skill tendangan yang akurat.

BEK PENUH (FULL BACK)
Memiliki tugas bertahan yang cukup luas. Tugas utamanya adalah mencegah lawan melancarkan umpan silang atau memotong bola kembali ke area pinalti. Dalam beberapa tim, tugas full back juga menjaga ketat pemain lawan. Full back bertanggung jawab dalam menahan pemain sayap dan penyerang lawan ;lainnya serta menjaga disiplin dengan mencegah rekan bek lainnyakeluar dari garis pertahanan.
Vincent Kompany, bek yang tangguh dan tidak mudah dilewati lawan-lawannya, yang saat ini bermain bersama Manchester City. Kompany adalah salah satu full back yang sangat tangguh di Premier League, sayangnya pemain ini kerap kali mendapat kartu merah atau kartu kuning karena tipikal permainannya yang keras.


PENJAGA GAWANG
Dan sekarang saatnya kita bahas satu posisi terakhir yang paling dibutuhkan dalam permainan sepakbola. Lo tau kan apa posisi yang mau gue bahas sekarang? Ya! Penjaga Gawang atau biasa juga disebut Goal keeper. Nah, sekarang ayo kita mulai ngebahas tentang Penjaga Gawang.

Posisi penjaga gawang (goal keeper) menjadi posisi terakhir dalam pertahanan buat ngehadapin serangan gawang. Tugas utama penjaga gawang adalah menjaga gawangnya sama mencegah lawan nyiptain gol. Penjaga gawang adalah satu-satunya pemain yang punya hak eksklusif buat nyentuh sama megang bola (didaerah gawangnya sendiri). Setiap tim pasti ngebutuhin yang namanya penjaga gawang. Karena itu, kalo penjaga gawang ngelakuin pelanggaran karena suatu sebab, apakah kena kartu kuning, kartu merah ataupun cedera berat dan harus keluar dari lapangan, tim akan menggantinnya sama kiper cadangan atau pemain lainnya.

MENANGKAP BOLA
Ketika menangkap bola, penjaga gawang harus menangkapnya dengan baik dan erat. Jangan sampe ngebuat blunder yang ngebuatin timnya sendiri rugi.

Iker Casillas, kiper utama timnas Spanyol dan Real Madrid ini dinominasikan sebagai kiper terbaik dunia setelah penampilannya yang gemilang di kompetisi EURO 2010. Kiper Real Madrid ini memang kerap kali menyelamatkan gawangnya dari tendangan-tendangan penyerang musuh. Casillas juga cukup berani keluar dari sarangnya untuk mengambil bola dan mengamankannya.


REAKSI
Para penjaga gawang harus waspada dan siaga waktu menghadapi ancaman gol. Serangan-serangan ke mulut gawang harus dapat dicegahdan digagalkan, untuk itu sang penjaga gawang harus tetap konsentrasi, menempatkan diri dalam posisi yang baik, dan mampu memberikan instruksi yang jelas dan singkat kepada rekan sesama tim.

PENALTI
Bagi kebayakan penjaga gawang, penalty adalah ujian yang sangat sulit. Kondisi satu lawan satu ini menempatkan penjaga gawang dalam situasi yang genting. Butuh naluri dan ketenangan dari diri seorang penjaga gawang. Walaupun penjaga gawang dapt memperkirakan arah tendangan, tendangan penalty yang baik hampir tidak mungkin buat digagalin.


“Try it, Play it, and feel it”
“Feel the passion”
Don’t be afraid to play it, because this game is the most beautiful game around the world

Yes! Quote-quote diatas adalah quotes dari gue buat kalian semua. Jadi, cobalah dan jangan takut buat bermain sepak bola, karena sepakbola itu adalah permainan yang sangat indah diseluruh. Gue Julian pratama Ridwan ngucapan terima kasih buat yang udah baca blog gue. Dan ingat kata Pele “Football? It’s the beautiful game”.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar